Senin, 03 April 2017

Analisis Sumber dan Penggunaan Dana

                                                                            BAB I
PEMBAHASAN
1.1        Pengertian Aliran Dana
Aliran dana (cash flow) yang terjadi disuatu perusahaan merupakan aliran keluar masuknya dana (kas) yang ada di perusahaan yang bersangkutan. Dana yang masuk dalam perusahaan merupakan dana yang berasal dari sumber dana perusahaan, baik sumber intern maupun sumber ekstern. Sedangkan dana yang keluar dari perusahaan merupakan penggunaan dana yang digunakan untuk operasi atau kegiatan perusahaan. Hal ini sesuai dengan pengertian manajemen keuangan (pembelanjaan) yaitu pembelanjaan diartikan sebagai keseluruhan kegiatan perusahaan tentang usaha untuk memperoleh dana (pembelanjaan pasif) dan usaha untuk menggunakan dana (pembelanjaan aktif).
Usaha untuk memperoleh dana berkaitan dengan aliran kas yang masuk (cash inflow) sebagai sumber dana, sedangkan aliran kas yang keluar (cash outflow) berkaitan dengan penggunaan dana. Aliran atau arus dana yang ada diperusahaan harus dikelola secara profesional untuk menjaga likuiditas perusahaan. Perencanaan aliran dana yang baik akan membawa perusahaan dalam kondisi yang sehat. Aliran dana di perusahaan juga harus dikelola keseimbangannya antara dana yang masuk dengan dana yang keluar. Keseimbangan ini juga berdampak pada stabilitas operasi perusahaan. Kelebihan dana di perusahaan dapat berakibat penggunaan dana yang kurang efisien, sebaliknya kekurangan dana akan mengakibatkan terganggunya operasi perusahaan.
Aliran dana yang terjadi diperusahaan bersifat kontinyu dan tidak kontinyu. Aliran dana yang bersifat kontinyu biasanya terjadi  untuk kegiatan atau operasi perusahaan sehari-hari sedangkan aliran dana yang tidak kontinyu biasanya untuk kegiatan yang terjadi secara insidentil. Aliran dana yang masuk (sumber dana) dan aliran dana yang keluar (penggunaan dana) di perusahaan dapat dibedakan dalam 2 pengertian yaitu dana dalam pengertian kas dan dana dalam pengertian modal kerja.

1.2        Sumber Dana
 1.2.1    Sumber Dana Jangka Menengah
1.      Leasing
Perusahaan sewa guna di Indonesia sering disebut pereusahaan leasing.Kegiatan usaha leasing bergerak di bidang pembiayan untuk keperluan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabah. Pembiayaan disini artinya jika perusahaan (klien) membutuhkan barang-barang modal seperti peralatan kantor atau mobil dengan cara disewa atau dibeli secara kredit, maka pihak leasing dapat membiayai keinginan perusahaan (klien) tersebut sesuai perjanjian kedua belah pihak. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemberian fasilitas leasing adalah :
a.       Lessor merupakan perusahaan leasing yang membiayai keinginan para nasabahnya untuk memperoleh barang-barang modal.
b.      Lessee merupakan perusahaan yang mengajukan permohonan leasing kepada lessor untuk memperoleh barang modal yang diinginkan.
c.       Supplier pedagang yang menyediakan barang yang akan di-leasing sesuai perjanjian antara lessor dengan lesse dan dalam hal ini supplier juga dapat bertindak sebagai lessor.
d.      Asuransi merupakan perusahaan yang akan menanggung resiko terhadap perjanjian antara lessor dengan lesse, dimana dalam hal ini lesse dikenakan biaya asuransi dan apabila terjadi sesuatu, maka perusahaan akan menanggung resiko sebesar jumlah yang sesuai engan perjanjian terhadap barang yang di-leasing-kan.
2.      Term Loan
Term Loan mempunyai karakteristik : berusia lebh dari satu tahun, diberikan atas dasar perjanjian formal. Kredit ini dilunasi secara berkala baik bulanan, triwulanan, tengah tahunan, atau tahunan dengan angsuran yang sama. Kemampuan membayar kredit ini dihubungkan aliran kas sehingga tidak membahayakan likuiditas perusahaan. Term Loan ini diberikan oleh Bank Dagang, perusahaan asuranasi, supplier atau manufacture. Term Loan ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang relative kecil untuk mengeluarkan surat berharga baik jangka pendek maupun jangka panjang sebagai salah satu sumber pembelanjaan.
3.      Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP)
Merupakan bentuk kredit jangka menengah yang diberikan oleh pemerintah yang biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan kecil. Batasan-batasan KMKP adalah :
a.       KMKP adalah bentuk kredit untuk kelancaran usaha secara terus-menerus
b.      KMKP diberikan kepada perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa dalam usaha melakukan perluasan dan rehabilitasi, kecuali jasa-jasa yang bersifat hiburan/amusement.
c.       KMKP diberikan maksimum Rp. 5 juta. Dalam memberikan kredit ini bank mempertimbangkan perputaran usaha pemohon masa lalu dan untuk usaha baru dengan mendasarkan atas kebutuhan yang sebenarnya.
d.      Bunga KMKP 12% setahun (berlaku mulai 1 Januari 1978).
e.       Jangka waktu kredit maksimum 3 tahun.
f.       Cara memberikan KMKP oleh bank dilakukan sebagaimana lazimnya pada pemberian kredit modal kerja/eksploitasi lainnya.
g.      Guna memperkuat jaminan pembayaran kembali oleh nasabah, bank mengadakan perjanjian pertanggunag dengan PT. Askrindo.

 1.2.2    Sumber Modal Jangka Panjang
1.      Obligasi
Adalah merupakan surat tanda hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan yang didalamnya tercantum nilai nominal dan bunga serta waktu pembayaran kembali. Harga obligasi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan yang diharapkan. Perusahaan yang diperkenankan mengeluarkan obligasi adalah perusahaan yang benar-benar baik dan mendapat pengawasan dari badan yang ditunjuk. Jenis obligasi : debenture, subordinate debenture, income bond. Debenture adalah obligasi yang tidak dijamin dengan suatu aktiva tertentu (unsecured bond) dari suatu perusahaan. Pada saat dilikuidasi merupakan kreditor umum (akan dilunasi sesudah hutang yang dijamin). Subordinate debenture adalah bentuk obligasi, jika terjadi likuidasi akan dibayar setelah obligasi senior, bentuk ini dapat ditukarkan dengan saham (convertable bond). Income bond adalah yang memperoleh pendapatan (bunga) jika perusahaan memperoleh keuntungan, dimana bunga bersifat kumulatif, biasanya tidak lebih dari 3 tahun. Pembayaran obligasi (pembayaran kembali) dapat dilakukan secara sekaligus (sinking funds) pada hari jatuh tempo-nya, atau diangsur (amortization). Pembayaran kembali obligasi dapat diambilkan dari penyusutan dari aktiva yang dibelanjai dengan pinjaman obligasi tersebut atau dari keuntungan perusahaan.
2.      Hipotek (morgage)
Adalah bentuk utang jangka panjang yang dijamin dengan aktiva tidak bergerak (tanah, bangunan). Jika terjadi likuidasi aktiva yang dijadikan jaminan itu dijual untuk membayar hutang hipotek tersebut, jika tidak mencukupi maka sisa utang hipotek menjadi kreditor umum.
3.      Kredit Investasi Kecil (KIK)
Karakteristik dimaksud KIK adalah: jumlah maksimum Rp. 5 juta, bunga 10,5% / bulan (berlaku 1 Januari 1978), jangka waktu kredit 10 tahun termasuk grace periode, self financing pemohon 25% tidak secara mutlak, diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa, kecuali hiburan/amusement, jaminan kredit berupa: proyek yang dibiayai dengan kredit tersebut, jika jaminan tidak mencukupi ditambahn kekayaan milik nasabah atau pihak ketiga hingga mencapai 100%, untuk memperkuat pembayaran kembali bank mengadakan perjanjian dengan PT. Askrindo.
4.      Saham Preferen
Saham preferen mempunyai sifat sebagai utang dan sebagai modal sendiri. Dividen tiap tahun tetap dinyatakan dalam persentase (%) tertentu dan bersifat kumulatif. Saham preferen ini mempunyai hak atas sisa keuntungan setelah dibagikan kepada pemilik saham biasa (participating future). Misalnya pemegang saham preferen telah menerima Rp. 16,- dan pemegang biasa menerima dividen Rp. 20,- maka pemegang saham preferen berhak atas tambahan sebesar Rp. 4,- . Jika terjadi likuidasi, saham preferen memperoleh hak setelah kreditor, tetapi sebelum pemegang saham biasa (biasanya hak ini hanya terbatas pada nilai nominal). Saham preferen tidak mempunyai suara (kecuali jika tidak pernah menerima dividen) dalam RUPS. Untuk mengakhiri peredaran saham preferen digunakan call price atau sinking funds. Call price adalah harga yang disebutkan sebagai harga pelunasan apabila perusahaan memutuskan untuk melunasi saham preferen. Call price lebih besar daripada nilai nomisalnya. Call price ini dapat berlaku juga pada obligasi. Jika pajak tinggi tidak menarik untuk mengeluarkan saham preferen. Untuk suatu perusahaan mengeluarkan saham preferen karena alasan bahwa pembayaran dividen saham preferen sebenarnya tidak merupakan kewajiban yang mempunyai kekuatan hukum.
5.      Saham Biasa
Saham biasa adalah merupakan modal sendiri yang berasal dari luar perusahaan. Saham biasa ini akan menanggung risiko perusahaan sejauh modal yang disetorkan. Saahm yang diotorisir adalah jumlah maksimum saham baisa yang boleh dikeluarkan. Out standing stock adalah saham biasa yang telah dikeluarkan yang dimiliki oleh pemilik. Perusahaan mungkin membeli sebagian dari saham ini yang dikeluarkan dan menyimpan sebagai treasury stock. Saham biasa mungkin mempunyai atau mungkin tidak mempunyai nilai nominal. Nilai nominal hamper tidak ada nilai ekonomisnya. Modal sendiri yang berasal dari dalam perusahaan adalah : cadangan, dan laba ditahan. Cadangan yang merupakan modal sendiri berupa: cadangan ekspansi, cadangan modal kerja, cadangan selisih kurs, dan cadangan umum. Dan cadangan yang tidak termasuk modal sendiri: cadangan penyusutan, cadangan piutang raguragu, cadangan yang bersifat utang.


1.3        Penggunaan Dana
 1.3.1    Penggunaan Dana Jangka Pendek
a.       Pengelolaan Kas
Kas merupakan salah satu bentuk aktiva lancar yang paling likuid yang berbentuk uang tunai yang sewaktu-waktu dapat diuangkan. Pengadaan kas ditujukan untuk membiayai kontinuitas perusahaan sehari-hari seperti membayar gaji, membeli bahan baku, membayar listrik, dsb. Besarnya kas dalam bentuk uang tunai tidak dapat ditetapkan secara jelas, hanya saja pada umumnya perusahaan menyediakan kas dalam bentuk uang tunai sebesar 5% sampai 10% dari total aktiva lancar perusahaan. 
b.      Surat-Surat Berharga
Pengelolaan surat-surat berharga terjadi karena pengalihan alokasi kas tunai yang menganggur sementara untuk dijadikan sertifikat berharga atau surat berharga lainnya yang dalam jangka waktu tertentu dapat menghasilkan bunga tertentu yang dapat menambah pendapatan perusahaan.
c.       Pengelolaan Piutang
Timbulnya piutang karena adanya penjualan kredit dari perusahaan dalam menjyual barang hasil produksi. Penjualan kredit ini dilakuakn untuk meningkatkan langganan baru serta mempertahankan langganan lama disamping juga bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan.
d.      Pengelolaan Persediaan
Persediaan disini termasuk juga bahan baku, bahan penolong, maupun barang dalam proses. Pengelolaan persediaan sangat penting karena berhubungan dengan volume penjualan perusahaan dan akhirnya untuk pencapaian laba perusahaan.

 1.3.2    Penggunaan Dana Jangka Panjang
Penggunaan dana jangka panjang berarti kita mempertimbangkan jumlah uang yang etrtanam pada aktiva tetap. Bentuk aktiva tetap dapat berupa tanah, gedung, dan mesin. Kalau kita memperhatikan jumlah dana pada aktiva tetap, berarti kita harus memperhatikan resiko yang akan dihadapi di masa mendatang, karena dana yang tertanam dalam aktiva tetap tersebut akan kembali dalam jangka waktu yang lama sehingga keputusan untuk menginvestasikan dana dalam bentuk aktiva tetap harus betul-betul dipertimbangkan dengan matang dan teliti karena dana yang terkait pada aktiva tetap biasanya dalam jumlah yang besar sehingga kalau terjadi kesalahan akan mengakibatkan kerugian yang besar juga bagi perusahaan atau bisa membuat perusahaan bangkrut.

1.4        Pentingnya Analisis Sumber dan Penggunaan Dana
Laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan dari tahun ke tahun bisa dimanfaatkan untuk mengetahui aliran dana yakni dimana suatu dana diperoleh dan untuk apa dana tersebut digunakan. Apabila kita membandingkan laporan keuangan dari dua tahun yang berurutan, maka kita akan dapat mendeteksi aliran dana tersebut. Analisis terhadap aliran dana tersebut sering diebut sebagai analisis sumber dan penggunaan dana. Dengan demikian tujuan analisis sumber dan penggunaan dana adalah untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan bagaimana dana tersebut dibelanjai. Hasil dari analisis sumber dan penggunaan dana disebut sebagai laporan sumber dan penggunaan dana.
Untuk menyusun laporan sumber dan penggunaan dana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat laporan perubahan neraca yang disusun dari neraca dua tahun yang berurutan. Laporan ini menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen tersebut perlu dilakukan analisis, yakni elemen-elemen mana saja yang memperbesar dana dan elemen-elemen yang memperkecil dana, sehingga akan menggambarkan sumber dan penggunaan dana. Elemen yang memperbesar dana akan menjadi sumber dana dan elemen yang memperkecil dana akan menjadi penggunaan dana.

1.5        Analisis Aliran Dana Dalam Pengertian Kas
Aliran dana dalam pengertian kas merupakan aliran kas masuk (sumber dana) dan aliran kas keluar (penggunaan dana) yang langsung mempengaruhi besarnya kas yang berasal dari laporan neraca dan laporan laba rugi. Aliran kas tersebut dapat dicermati dari perubahan-perubahan yang terjadi pada laporan neraca dan laba rugi.
Dana yang akan dianalisis nantinya bisa dalam pengertian kas, artinya setiap ada perubahan elemen yang ada pada laporan keuangan akan menambah atau mengurangi kas. Oleh karena itu laporannya disebut laporan sumber dan penggunaan kas. Laporan sumber dan penggunaan kas ini disusun untuk menunjukan perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya.

1.5.1    Unsur-Unsur yang Memperbesar Kas
Unsur-unsur dari laporan neraca dan laporan laba rugi yang memperbesar kas merupakan aliran kas masuk yang menyebabkan kas perusahaan bertambah. Unsur-unsur tersebut meliputi:
1.      Berkurangnya unsur-unsur aktiva lancar
Apabila unsur-unsur aktiva lancar berkurang maka akan memperbesar jumlah kas. Berkurangnya piutang berarti ada piutang yang telah dibayar sehingga kas bertambah. Apabila persediaan berkurang berarti ada persediaan yang terjual sehingga kas bertambah. Demikian pula bila surat berharga (efek) berkurang berarti ada surat berharga (efek) yang dijual yang tentu saja akan menambah kas. Dengan demikian setiap ada pengurangan aktiva lancar akan memperbesar kas. Sebagai contoh, piutang mula-mula tahun A sebesar Rp. 100.000 dan tahun B berkurang menjadi Rp. 75.000. Ini berarti ada debitur membayar hutangnya kepada kita sebesar Rp. 25.000. Dari transaksi tersebut berarti piutang kita berkurang Rp. 25.000 dan kas kita bertambah sebesar Rp. 25.000. Dengan demikian berkurangnya piutang merupakan sumber dana.
2.      Berkurangnya aktiva tetap
Aktiva tetap yang berkurang dapat disebabkan karena ada penjualan aktiva tetap atau berkurang karena adanya penyusutan (depresiasi). Berkurangnya aktiva tetap karena penjualan akan menghasilkan uang kas. Sehingga berkurangnya aktiva tetap tersebut merupakan unsur yang memperbesar kas. Berkurangnya aktiva tetap karena depresiasi juga merupakan unsur yang memperbesar kas. Sebenarnya depresiasi merupakan biaya yang akan mengurangi laba perusahaan. Tetapi karena depresiasi tersebut bukan merupakan pengeluaran kas tunai maka walaupun dalam catatan laporan laba rugi dianggap sebagai pengeluaran, namun perusahaan sebenarnya tidak mengeluarkan kas secara tunai, sehingga depresiasi ini merupakan sumber dana. Misalnya kendaraan berkurang berarti ada kendaraan yang dijual dan hasil penjualannya akan memperbesar kas. Mesin berkurang ada sebagian mesin yang dijual dan akan menambah kas.
3.      Bertambahnya unsur-unsur dalam hutang lancar
Bertambahnya unsur-unsur hutang lancar seperti hutang dagang dan hutang wesel merupakan sumber dana perusahaan. Perusahaan menambah hutang tujuannya adalah untuk memperbesar kas, sehingga apabila ada penambahan hutang baik yang berjangka pendek maupun yang berjangka panjang akan menambah kas. Misalnya ada hutang daggang bertambah berarti ada tambahan kas masuk.
4.      Bertambahnya hutang jangka panjang
Apabila perusahaan menjual obligasi, maka uang kas perusahaan akan bertambah. Obligasi merupakan salah satu surat hutang jangka panjang. Oleh karena itu jika perusahaan menjual obligasi maka hutang jangka panjang bertambah dan menyebabkan kasnya bertambah.
5.      Bertambahnya modal sendiri
Apabila pemilik perusahaan menambah atau memperbesar modalnya, maka akan ada penerimaan oleh perusahaan, sehingga kas perusahaan akan bertambah. Jika perusahaan berbentuk Perusahaan Terbatas (PT), modal sendiri dapat berupa saham biasa, saham preferen, cadang-cadangan dan laba ditahan. Perusahaan yang menjual sahamnya untuk menambah modal sendiri akan mendapatkan uang kas sebagai sumber dana.
6.      Bertambahnya keuntungan
Keuntungan yang diperoleh dari kegiatan operasi perusahaan merupakan sumber dana yang akan menambah kas. Keuntungan yang menambah kas tersebut adalah keuntungan yang ditahan atau keuntungan yang tidak dibagi kepada pemilik perusahaan (para pemegang saham). Oleh karena itu, apabila ada kenaikan laba ditahan maka didalamnya terdapat tambahan kas yang merupakan sumber dana.
7.      Penyusutan
Penyusutan merupakan biaya non kas berupa penyisihan dana untuk cadangan pembelian aktiva tetap. Dana ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai sumber dana.
 







1.5.2    Unsur-Unsur yang Memperkecil Kas
Unsur-unsur dari laporan neraca dan laporan laba rugi yang mempunyai efek memperkecil kas merupakan aliran kas keluar yang menyebabkan kas perusahaan berkurang. Unsur-unsur tersebut meliputi:
1.      Bertambahnya unsur-unsur aktiva lancar selain kas
Bertambahnya aktiva lancar seperti efek, piutang dan persediaan akan mengurangi atau memperkecil kas. Kas akan berkurang bila ada tambahan aktiva lancar, misalnya persediaan bertambah berarti perlu uang untuk membeli persediaan, sehingga kas berkurang. Piutang bertambah perlu kas untuk menambah investasi pada piutang, surat berharga (efek) bertambah berarti ada pembelian surat berharga (efek) memerlukan uang kas. Sebagai contoh, persediaan mula-mula tahun A sebesar Rp. 200.000 dan tahun B menjadi Rp. 250.000. Ini berarti ada pembelian persediaan sebesar Rp. 50.000. Pembelian persediaan sebesar Rp. 50.000 membutuhkan kas atau mengurangi kas. Dari transaksi tersebut berarti kas berkurang sebesar Rp. 50.000 sebagai penggunaan dana.
2.      Bertambahnya aktiva tetap
Aktiva tetap yang bertambah dapat disebabkan karena ada pembelian. Bertambahnya aktiva tetap karena pembelian memerlukan uang kas. Sehingga bertambahnya aktiva tetap tersebut merupakan unsur yang memperkecil kas atau sebagai penggunaan kas.
3.      Berkurangnya hutang lancar
Berkurangnya unsur-unsur hutang lancar seperti hutang dagang dan hutang wesel merupakan penggunaan dana perusahaan. Apabila hutang berkurang berarti ada sebagian hutang yang dibayar. Untuk membayar hutang diperlukan uang kas, sehingga kas menjadi berkurang. Misalkan tahun A hutang dagang kita sebesar Rp. 50.000. Pada tahun B hutang dagang kita berubah menjadi Rp. 40.000, berarti hutang dagang berkurang Rp. 10.000. Berkurangnya hutang sebesar Rp. 10.000 akan mengurangi aktiva lancar, dalam hal ini akan mengurang kas. Oleh karena itu, hutang lancar yang berrkurang merupakan penggunaan dana dalam pengertian kas.
4.      Berkurangnya hutang jangka panjang
Apabila perusahaan membeli kembali obligasi yang telah jatuh tempo, maka uang kas perusahaan akan berkurang. Obligasi merupakan salah satu surat hutang jangka panjang. Oleh karena itu jika perusahaan membeli kembali obligasi maka hutang jangka panjang berkurang dan hal ini menyebabkan kasnya berkurang.
5.      Berkurangnya modal sendiri
Apabila modal berkurang berarti pemilik mengambil dana dari perusahaan, sehingga kas menjadi berkurang. Seperti halnya obligasi, jika perusahaan membeli kembali saham biasa atau saham preferen maka diperlukan sejumlah kas. Oleh karena itu, saham yang berkurang berarti modal sendiri perusahaan berkurang. Berkurangnya modal sendiri tersebut memerlukan kas yang merupakan penggunaan dana.
6.      Adanya pembayaran dividen
Dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham dapat berupa saham, properti maupun kas. Dividen yang dibayarkan dalam bentuk kas akan mengurangi kas perusahaan. Oleh karena itu, dividen kas ini merupakan penggunaan dana.
7.      Adanya kerugian
Apabila perusahaan memperoleh laba akan menambah kas, tetapi bila perusahaan rugi maka kerugian tersebut harus ditutup dengan kas, sehingga memperkecil kas. Kerugian yang diderita dari kegiatan operasi perusahaan sebagai akibat dari biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pendapatan yang diterima. Kerugian ini harus ditutup dengan kas oleh perusahaan. Oleh karena itu, kas yang digunakan untuk menutup kerugian tersebut merupakan penggunaan dana yang ada.

1.5.3    Langkah-Langkah Dalam Penyusunan Laporan Sumber-Sumber Dan Penggunaan Dana Dalam Aliran Kas
Dalam menyusun laporan sumber-sumber dan penggunaan kas, dimana dana dalam artian kas memiliki langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Mendaftar pos-pos neraca yang diperbandingkan antara dua titik waktu tertentu dalam kolom pertama dan kedua.
b.      Mendaftar pos-pos laporan laba rugi dari tahun yang diperbandingkan (current year).
c.       Tentukan kenaikan dan penurunan yang terjadi pada pos-pos neraca, tunjukkan dalam kolom ”Perubahan” debit dan kredit. Kolom perubahan debit untuk mencatat adanya kenaikan aktiva, penurunan utang dan modal serta bertambahnya biaya serta berkurangnya penhasilan. Sedangkan kolom kredit untuk mencatat penurunan aktiva, kenaikan utang dan modal, bertambahnya penghasilan dan berkurangnya biaya.
d.      Menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi pada pos-pos neraca dan pos-pos laba rugi untuk menentukan adanya perubahan yang tidak mempengaruhi kas.
e.       Membuat jurnal penyesuaian dalam lembar kerja tersebut untuk menghilangkan akibat atau pengaruh transaksi nonkas yang sudah dicatat dalam periode tersebut.
f.       Memindahkan saldo atau perubahan setelah disesuaikan kecuali perubahan kas kedalam kolom “Kenaikan dan Penurunan Kas” atau “Sumber dan Penggunaan Kas”.
g.      Untuk penyusunan laporan sumber dan penggunaan kas datanya diambil dari dua kolom terakhir dari lembar kerja.

1.6        Analisis Aliran Dana Dalam Pengertian Modal Kerja
Analisis sumber dan penggunaan dana dalam pengertian modal kerja merupakan analisis mengenai aliran dana yang memperbesar modal kerja dan memperkecil modal kerja. Modal kerja diperusahaan adalah pos-pos (unsur-unsur) yang ada dalam aktiva lancar dan hutang lancar.
Dalam analisis sumber dan penggunaan modal kerja, perubahan yang terjadi pada unsur-unsur yang ada pada aktiva lancar (current assets) dan hutang lancar (current liabilities) atau disebut unsur-unsur pada current account tidak mempengaruhi perubahan naik turunnya modal kerja.
Perubahan-perubahan yang terjadi pada aktiva lancar dan hutang lancar (current account) tidak mempengaruhi besarnya modal kerja neto. Modal kerja akan berubah apabila unsur-unsur yang ada pada selain aktiva lancar dan hutang lancar (non current account) berubah. Unsur-unsur yang berubah tersebut misalnya pada aktiva tetap, hutang jangka panjang dan modal sendiri.
Perubahan unsur-unsur non current account yang mengakibatkan bertambahnya modal kerja dinamakan sumber modal kerja, sebaliknya unsur-unsur yang memperkecil modal kerja disebut penggunaan modal kerja. Apabila sumber modal kerja jumlahnya lebih besar dibanding penggunaannya, maka akan terjadi kenaikan modal kerja. Dan sebaliknya apabila penggunaan modal kerja lebih besar daripada sumber-sumbernya maka akan terjadi penurunan modal kerja.
Disamping diakibatkan oleh perubahan yang ada pada unsur-unsur yang terdapat dalam non current account, modal kerja juga dapat mengalami kenaikan atau penurunan karena adanya laba atau rugi perusahaan dan pembayaran dividen kas oleh perusahaan. Apabila perusahaan memperoleh keuntungan dalam operasinya, maka keuntungan ini mempunyai efek menambah modal kerja atau sebagai sumber modal kerja. Sebaliknya, jika perusahaan mengalami kerugian maka modal kerja akan menurun, sehingga kerugian tersebut merupakan penggunaan modal kerja. Selain itu, pembayaran dividen kas akan mengurangi kas perusahaan, sehingga dividen kas tersebut merupakan penggunaan modal kerja.

1.6.1    Sumber-Sumber Modal Kerja
Perubahan unsur-unsur dari laporan neraca dan laporan laba rugi yang merupakan sumber modal kerja menyebabkan modal kerja perusahaan bertambah. Unsur-unsur tersebut meliputi:
1.      Berkurangnya aktiva tetap
Berkurangnya aktiva tetap kemungkinan karena dijual atau karena depresiasi. Penjualan aktiva tetap akan menambah uang kas, sehingga akan menambah modal kerja. Demikian pula depresiasi aktiva tetap. Depresiasi ini merupakan aliran kas masuk yang akan menambah modal kerja perusahaan.
2.      Bertambahnya hutang jangka panjang
Apabila perusahaan menjual obligasi, maka uang kas perusahaan akan bertambah. Jika kas bertambah, maka modal kerja akan bertambah.
3.      Bertambahnya modal sendiri
Jika perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT), modal sendiri dapat berupa saham biasa, saham preferen, cadang-cadangan dan laba ditahan. Perusahaan yang menjual sahamnya untuk menambah modal sendiri akan mendapatkan uang kas sebagai sumber modal kerja.
4.      Bertambahnya keuntungan dari operasi perusahaan
Keuntungan (laba) yang diperoleh dari kegiatan operasi perusahaan merupakan sumber modal kerja karena keuntungan tersebut akan menambah kas. Keuntungan yang menambah kas tersebut adalah keuntungan yang ditahan atau keuntungan yang tidak dibagi kepada pemilik perusahaan (para pemegang saham). Oleh karena itu, apabila ada kenaikan laba ditahan maka didalamnya terdapat tambahan kas yang merupakan sumber modal kerja.

1.6.2    Penggunaan Modal Kerja
Perubahan unsur-unsur dari laporan neraca dan laba rugi yang merupakan penggunaan modal kerja menyebabkan modal kerja perusahaan berkurang. Unsur-unsur tersebut meliputi:
1.      Bertambahnya aktiva tetap
Aktiva tetap yang bertambah dapat disebabkan karena ada pembelian. Bertambahnya aktiva tetap karena pembelian memerlukan uang kas. Sehingga bertambahnya aktiva tetap tersebut merupakan unsur yang memperkecil kas atau sebagai penggunaan modal kerja.
2.      Berkurangnya hutang  jangka panjang
Apabila perusahaan membeli kembali obligasi yang telah jatuh tempo atau melunasi hutang jangka panjangnya, maka uang kas perusahaan akan berkurang. Berkurangnya hutang jangka panjang dalam hal ini, merupakan penggunaan penggunaan modal kerja.
3.      Berkurangnya modal sendiri
Seperti halnya obligasi, jika perusahaan membeli kembali saham biasa atau saham preferen maka diperlukan sejumlah kas. Oleh karena itu, saham yang berkurang berarti modal sendiri perusahaan berkurang. Berkurangnya modal sendiri tersebut memerlukan kas yang merupakan penggunaan modal kerja.
4.      Adanya pembayaran dividen kas
Dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham dapat berupa saham, properti maupun kas. Dividen yang dibayarkan dalam bentuk kas oleh perusahaan. Oleh karena itu, dividen kas ini merupakan penggunaan modal kerja.
5.      Adanya kerugian
Kerugian yang diderita perusahaan akibat dari biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pendapatan yang diterima. Kerugian ini harus ditutup dengan kas oleh perusahaan. Oleh karena itu, kas yang digunakan untuk menutup kerugian tersebut merupakan penggunaan modal kerja.







BAB II
SOAL & PENYELESAIAN
2.1        Pilihan Ganda
1.      Analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan  bagaimana dana tersebut dibelanjai merupakan tujuan dari...
a.       Analisis common siza
b.      Analisis sumber dan penggunaan dana
c.       Analisis dupont
d.      Analisis rasio keuangan
2.      Berikut ini yang termasuk dalam elemen-elemen yang memperbesar kas yaitu...
a.       Berkurangnya aktiva, bertambahnya hutang, bertambahnya keuntungan
b.      Berkurangnya aktiva, bertambahnya hutang, berkurangnya keuntungan
c.       Berkurangnya aktiva, berkurangnya hutang, bertambahnya keuntungan
d.      Bertambahnya aktiva, bertambahnya hutang, bertambahnya keuntungan
3.      Pada perusahaan Manajemen, persediaan mula-mula mereka tahun A sebesar Rp. 300.000 dan tahun B menjadi Rp. 350.000. Ini berarti ada pembelian persediaan sebesar Rp. 50.000. Dari kasus tersebut dapat diketahui bahwa pada perusahaan Manajemen mengalami...
a.       Penambahan kas
b.      Pengurangan kas
c.       Tidak mengalami apa-apa
d.      Jawaban A dan B benar
4.      Dibawah ini yang tidak termasuk dalam sumber dana jangka menengah adalah...
a.       Leasing
b.      Tearm loan
c.       Hipotek
d.      Kredit Modal Kerja Permanen
5.      Penjualan kredit ini dilakukan untuk meningkatkan langganan baru serta mempertahankan langganan lama disamping juga bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Ini merupakan pengertian dari...
a.       Surat-Surat Berharga
b.      Pengelolaan Kas
c.       Pengelolaan Persediaan
d.      Pengelolaan Piutang
6.      Berikut ini yang termasuk dalam elemen-elemen yang penggunaan modal kerja yaitu...
a.       Bertambahnya aktiva, bertambahnya hutang, adanya laba operasi
b.      Berkurangnya aktiva, bertambahnya hutang, adanya laba operasi
c.       Bertambahnya aktiva, berkurangnya hutang jangka panjang
d.      Bertambahnya aktiva, adanya laba operasi
7.      Berkurangnya aktiva tetap, bertambahnya hutang jangka panjang, bertambahnya modal sendiri, bertambahnya keuntungan dari operasi perusahaan merupakan elemen-elemen dalam...
a.       Sumber kas
b.      Penggunaan kas
c.       Sumber modal kerja
d.      Penggunaan modal kerja

2.2        Essay
1.      Laporan keuangan PT. PERKASA berupa neraca perbandingan per tanggal 31 desember 2011 dan 2012 serta laporan laba rugi tahun 2012 sebagai berikut:
Neraca PT. PERKASA
Per 31 desember 2011 dan 2012
Keterangan
31-12-2011
31-12-2012
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp.13.750
Rp. 8.250
Rp. 84.500
Rp. 132.000

Rp. 12.800
Rp. 9.000
Rp. 91.600
Rp. 137.600
Total aktiva lancar
Rp. 238.500
Rp. 251.000
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Rp. 200.000
Rp. (50.000)
Rp. 197.500
Rp. (47.500)
Rp. 300.000
Rp. 600.000
Rp. 300.000
Rp. (75.000)
Rp. 215.500
Rp. (56.500)
Rp. 300.000
Rp. 684.000
Total aktiva
Rp. 838.500
Rp. 935.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji

Rp. 51.000
Rp. 38.000
Rp. 30.500

Rp. 48.000
Rp. 42.500
Rp. 36.500
Total hutang lancar
Rp. 119.500
Rp. 127.000
Hutang jk panjang (obligasi)
Modal saham
Surplus modal
Laba ditahan
Rp. 220.000
Rp. 300.000
Rp. 110.000
Rp. 89.000
Rp. 240.000
Rp. 323.000
Rp. 110.000
Rp. 135.000
Total pasiva
Rp. 838.500
Rp. 935.000

Selama tahun 2012, PT. PERKASA memperoleh laba sebesar Rp. 70.000 dimana sebesar Rp. 24.000 dibagi sebagai dividen kas.
Dari informasi diatas, buatlah analisis laporan sumber dan penggunaan kas!!
Penyelesaian:
Perubahan Neraca PT. PERKASA
Per 31 desember 2011  dan 2012
Keterangan
31-12-2011
31-12-2012
Perubahan
Debet
Kredit
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji
Hutang jk panjang (obligasi)
Modal saham
Surplus modal
Laba ditahan
Total pasiva

Rp.13.750
Rp. 8.250
Rp. 84.500
Rp. 132.000
Rp. 200.000
Rp. (50.000)
Rp. 197.500
Rp. (47.500)
Rp. 300.000

Rp. 12.800
Rp. 9.000
Rp. 91.600
Rp. 137.600
Rp. 300.000
Rp. (75.000)
Rp. 215.500
Rp. (56.500)
Rp. 300.000

-
Rp. 750
Rp. 7.100
Rp. 5.600
Rp. 100.000
-
Rp. 18.000
-
-


Rp. 3.000
-
-
-
-
-
-

Rp. 950
-
-
-
-
Rp. 25.000
-
Rp. 9.000
-


-
Rp. 4.500
Rp. 6.000
Rp. 20.000
Rp. 23.000
-
Rp. 46.000
Rp. 838.500
Rp. 935.000

Rp. 51.000
Rp. 38.000
Rp. 30.500
Rp. 220.000
Rp. 300.000
Rp. 110.000
Rp. 89.000

Rp. 48.000
Rp. 42.500
Rp. 36.500
Rp. 240.000
Rp. 323.000
Rp. 110.000
Rp. 135.000
Rp. 838.500
Rp. 935.000
Rp. 134.450
Rp. 134.450
Laporan sumber dan penggunaan kas PT. PERKASA
Per 31 desember 2011 s/d 31 desember 2012
Sumber-sumber kas
Penggunaan kas
Sumber kas berasal dari:
Keuntungan operasi bersih
Depresiasi mesin
Depresiasi bangunan
Hutang wesel
Hutang gaji
Obligasi
Modal saham
Kas

Rp. 70.000
Rp. 25.000
Rp. 9.000
Rp. 4.500
Rp. 6.000
Rp. 20.000
Rp. 23.000
Rp. 950
Penggunaan kas untuk:
Pembayaran dividen kas
Surat berharga
Piutang
Persediaan
Mesin
Bangunan
Hutang dagang

Rp. 24.000
Rp. 750
Rp. 7.100
Rp. 5.600
Rp. 100.000
Rp. 18.000
Rp. 3.000
Jumlah
Rp. 158.450

Rp. 158.450
Dari analisis sumber dan penggunaan kas diatas, terlihat bahwa kebijakan perusahaan sudah cukup baik dilihat dari sudut likuiditas. Hal ini karena aktiva tetap yang memiliki jangka panjang dibelanjai dengan modal sendiri atau hutang yang berjangka panjang. Demikian pula pemanfaatan dana yang berasal dari penjualan obligasi juga sudah cukup efektif dan efisien. Hal ini karena modal dari hutang obligasi tersebut sebagian digunakan untuk membiayai aktiva tetap berupa bangunan dan sebagian lain untuk menambah persediaan barang dagangan.

2.      Dari laporan keuangan PT. BERJAYA berupa neraca perbandingan per tanggal 31 desember 2010 dan 2011 berikut ini.
Neraca Perbandingan PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 13.000
Rp. 8.000
Rp. 94.500
Rp. 137.000

Rp. 15.000
Rp. 9.000
Rp. 90.500
Rp. 132.000
Total aktiva lancar
Rp. 252.500
Rp. 246.500
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Rp. 300.000
Rp. (50.000)
Rp. 290.000
Rp. (37.500)
Rp. 350.000
Rp. 852.500
Rp. 250.000
Rp. (60.000)
Rp. 290.000
Rp. (45.500)
Rp. 200.000
Rp. 634.500
Total aktiva
Rp. 1.105.000
Rp. 881.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji
Total hutang lancar
Hutang jangka panjang (obligasi)
Modal saham
Surplus modal
Laba ditahan

Rp. 91.000
Rp. 87.500
Rp. 80.500
Rp. 259.500
Rp. 320.000
Rp. 300.000
Rp. 110.000
Rp. 116.000

Rp. 68.000
Rp. 72.500
Rp. 66.500
Rp. 207.000
Rp. 260.000
Rp. 275.000
Rp. 90.000
Rp. 49.000
Total pasiva
Rp. 1.105.000
Rp. 881.000

Selama tahun 2011, PT. BERJAYA menderita kerugian sebesar Rp. 67.000.
Dari informasi diatas, buatlah analisis laporan sumber dan penggunaan kas!!
Penyelesaian:
Laporan perubahan neraca PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
Perubahan
Debet
Kredit
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah

Rp. 13.000
Rp. 8.000
Rp. 94.500
Rp. 137.000
Rp. 300.000
Rp. (50.000)
Rp. 290.500
Rp. (37.500)
Rp. 330.000

Rp. 15.000
Rp. 9.000
Rp. 90.500
Rp. 132.000
Rp. 250.000
Rp. (60.000)
Rp. 290.500
Rp. (45.500)
Rp. 200.000

Rp. 2.000
Rp. 1.000
-
-
-
-
-
-
-


Rp. 23.000
Rp. 15.000
Rp. 14.000
Rp. 60.000
Rp. 25.000
-
Rp. 67.000

-
-
Rp. 4.000
Rp. 5.000
Rp. 50.000
Rp. 10.000
-
Rp. 8.000
Rp. 130.000


-
-
-
-
-
-
-
Total aktiva
Rp. 1.085.000
Rp. 881.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji
Hutang jangka panjang (obligasi)
Modal saham
Surplus modal
Laba ditahan

Rp. 91.000
Rp. 87.500
Rp. 80.500
Rp. 320.000
Rp. 300.000
Rp. 90.000
Rp. 116.000

Rp. 68.000
Rp. 72.500
Rp. 66.500
Rp. 260.000
Rp. 275.000
Rp. 90.000
Rp. 49.000
Total pasiva
Rp. 1.085.000
Rp. 881.000
Rp. 207.000
Rp. 207.000

Laporan sumber dan penggunaan kas PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 s/d 31 desember 2011
Sumber-sumber kas
Penggunaan kas
Sumber kas berasal dari:
Piutang
Persediaan
Mesin
Depresiasi mesin
Tanah
Depresiasi tanah

Rp. 4.000
Rp. 5.000
Rp. 50.000
Rp. 10.000
Rp. 130.000
Rp. 8.000
Penggunaan kas untuk:
Kerugian operasi
Surat berharga
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji
Obligasi
Saham
Kas

Rp. 67.000
Rp. 1.000
Rp. 23.000
Rp. 15.000
Rp. 14.000
Rp. 60.000
Rp. 25.000
Rp. 2.000
Jumlah
Rp. 207.000

Rp. 207.000

Dari analisis sumber dan penggunaan kas diatas, melihat keadaan sumber dana (kas) dan penggunaannya keadaan PT. BERJAYA tidaklah sehat. Hal ini terlihat dari kerugian yang diderita dan pelunasan hutang jangka panjang serta modal sendiri. Perusahaan terlihat kurang memperhatikan kebijakan pengembalian hutang-hutangnya baik hutang jangka pendek dan hutang jangka panjangnya. Hal ini berakibat perusahaan harus menjual tanah dan mesinnya untuk melunasi kewajiban-kewajibannya.

3.      Dari laporan keuangan PT. SEMBADA berupa neraca perbandingan per tanggal 31 desember 2010 dan 2011 berikut ini.
Neraca Perbandingan PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 24.000
Rp. 12.000
Rp. 18.500
Rp. 18.000

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 6.000
Rp. 12.000
Total aktiva lancar
Rp. 72.000
Rp. 54.000
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Rp. 144.000
Rp. (24.000)
Rp. 18.000
Rp. (12.000)
Rp. 36.000
Rp. 228.000
Rp. 216.000
Rp. (36.000)
Rp. 96.000
Rp. (24.500)
Rp. 72.000
Rp. 324.000
Total aktiva
Rp. 300.000
Rp. 378.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Total hutang lancar
Hutang obligasi 10%
Modal saham
Laba ditahan

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 36.000
Rp. 120.000
Rp. 120.000
Rp. 24.000

Rp. 12.000
Rp. 30.000
Rp. 42.500
Rp. 120.000
Rp. 156.000
Rp. 60.000
Total pasiva
Rp. 300.000
Rp. 378.000

Selama tahun 2011, PT. SEMBADA memperoleh laba setelah pajak sebesar Rp. 60.000 dan dibayarkan sebagai dividen kas sebesar Rp. 24.000.
Dari informasi diatas, buatlah analisis laporan sumber dan penggunaan kas!!
Penyelesaian:
Laporan perubahan neraca PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
Perubahan
Debet
Kredit
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang
Total aktiva lancar
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Total aktiva
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Total hutang lancar
Hutang obligasi 10%
Modal saham
Laba ditahan
Total pasiva

Rp. 24.000
Rp. 12.000
Rp. 18.500
Rp. 18.000
Rp. 72.000
Rp. 144.000
Rp. (24.000)
Rp. 18.000
Rp. (12.000)
Rp. 36.000
Rp. 228.000

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 6.000
Rp. 12.000
Rp. 54.000
Rp. 216.000
Rp. (36.000)
Rp. 96.000
Rp. (24.500)
Rp. 72.000
Rp. 324.000

-
Rp. 12.000
-
-
-
Rp. 72.000
-
Rp. 12.000
-
Rp. 36.000
-


-
-
-
-
-
-

Rp. 12.000
-
Rp. 12.000
Rp. 6.000
-
-
Rp. 12.000
-
Rp. 12.000
-
-


-
Rp. 6.000
-
-
Rp. 36.000
Rp. 36.000
Rp. 300.000
Rp. 378.000

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 36.000
Rp. 120.000
Rp. 120.000
Rp. 24.000

Rp. 12.000
Rp. 30.000
Rp. 42.500
Rp. 120.000
Rp. 156.000
Rp. 60.000
Rp. 300.000
Rp. 378.000
Rp. 132.000
Rp. 132.000

Laporan sumber dan penggunaan kas PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 s/d 31 desember 2011
Sumber-sumber kas
Penggunaan kas
Sumber kas berasal dari:
Laba operasi
Piutang
Persediaan
Mesin
Bangunan
Hutang wesel
Saham
Kas

Rp. 60.000
Rp. 12.000
Rp. 6.000
Rp. 12.000
Rp. 12.000
Rp. 6.000
Rp. 36.000
Rp. 12.000
Penggunaan kas untuk:
Pembayaran dividen kas
Surat berharga
Mesin
Bangunan
Tanah

Rp. 24.000
Rp. 12.000
Rp. 72.000
Rp. 12.000
Rp. 36.000
Jumlah
Rp. 156.000

Rp. 156.000

Dari laporan sumber dan penggunaan kas PT. SEMBADA pada tabel diatas dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2011 perusahaan menggunakan kas yang besar adalah untuk pembelian mesin, tanah, dan pembayaran dividen. Adapun sumber dana untuk pembelian mesin berasal dari depresiasi mesin dan sebagian laba operasi perusahaan serta uang kas, sedangkan sumber dana untuk membeli tanah berasal dari penjualan saham. Adapun pembayaran dividen diambil dari laba operasi perusahaan.

4.      Dari laporan keuangan PT. BERJAYA berupa neraca perbandingan per tanggal 31 desember 2010 dan 2011 berikut ini.
Neraca Perbandingan PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 13.000
Rp. 8.000
Rp. 94.500
Rp. 137.000

Rp. 15.000
Rp. 9.000
Rp. 90.500
Rp. 132.000
Total aktiva lancar
Rp. 252.500
Rp. 246.500
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Rp. 300.000
Rp. (50.000)
Rp. 290.000
Rp. (37.500)
Rp. 350.000
Rp. 852.500
Rp. 250.000
Rp. (60.000)
Rp. 290.000
Rp. (45.500)
Rp. 200.000
Rp. 634.500
Total aktiva
Rp. 1.105.000
Rp. 881.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji
Total hutang lancar
Hutang jangka panjang (obligasi)
Modal saham
Surplus modal
Laba ditahan

Rp. 91.000
Rp. 87.500
Rp. 80.500
Rp. 259.500
Rp. 320.000
Rp. 300.000
Rp. 110.000
Rp. 116.000

Rp. 68.000
Rp. 72.500
Rp. 66.500
Rp. 207.000
Rp. 260.000
Rp. 275.000
Rp. 90.000
Rp. 49.000
Total pasiva
Rp. 1.105.000
Rp. 881.000

Selama tahun 2011, PT. BERJAYA menderita kerugian sebesar Rp. 67.000.
Dari informasi diatas, buatlah analisis laporan sumber dan penggunaan modal kerja!!
Penyelesaian:
Laporan perubahan modal kerja PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
Perubahan
Debet
Kredit
Aktiva lancar:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 13.050
Rp. 8.000
Rp. 94.500
Rp. 137.000

Rp. 15.000
Rp. 9.000
Rp. 90.500
Rp. 132.000

Rp. 2.000
Rp. 1.000
-
-


Rp. 23.000
Rp. 15.000
Rp. 14.000

-
-
Rp. 4.000
Rp. 5.000


-
-
-
Jumlah aktiva lancar
Rp. 252.500
Rp. 246.500
Hutang lancar:
Hutang dagang
Hutang wesel
Hutang gaji

Rp. 91.000
Rp. 87.500
Rp. 80.500

Rp. 68.000
Rp. 72.500
Rp. 66.500
Jumlah hutang lancar
Rp. 259.000
Rp. 207.000
Modal kerja
Bertambahnya modal kerja
Rp. (6.500)
Rp. (39.500)
Rp. 55.000
-
Rp. 9.000
Rp. 46.000



Rp. 55.000
Rp. 55.000

Laporan sumber dan penggunaan modal kerja PT. BERJAYA
Per 31 desember 2010 s/d 31 desember 2011
Sumber-sumber modal kerja


Rp. 50.000
Rp. 10.000
Rp. 8.000
Rp. 130.000
Penggunaan modal kerja


Rp. 67.000
Rp. 60.000
Rp. 25.000
Rp. 46.000
Sumber modal kerja berasal dari:
Mesin
Depresiasi mesin
Depresiasi bangunan
Tanah
Penggunaan modal kerja untuk :
Kerugian operasi
Obligasi
Saham
Modal kerja
Jumlah
Rp. 198.000
Jumlah
Rp. 198.000

Dari laporan sumber dan penggunaan modal kerja PT. BERJAYA pada tabel diatas dapat dianalisis bahwa penggunaan modal kerja adalah untuk menutup kerugian sebesar Rp. 67.000, pembayaran kembali saham sebesar Rp. 25.000 dan pelunasan hutang obligasi sebagian obligasi.
Penambahan bangunan sebesar Rp. 18.000 dibelanjai dengan dana yang berasal dari depresiasi bangunan sebesar Rp. 9.000 dan sebagian hutang yang berasal dari penjualan obligasi sebesar Rp. 9.000. Dengan demikian penjualan obligasi baru sebesar Rp. 20.000 digunakan untuk membiayai penambahan mesin sebesar Rp. 6.000 dan penambahan bangunan sebesar Rp. 9.000, sehingga masih tersisa sebesar Rp. 5.000. Sisa sebesar Rp. 5.000 ini merupakan kenaikan modal kerja.

5.      Dari laporan keuangan PT. SEMBADA berupa neraca perbandingan per tanggal 31 desember 2010 dan 2011 berikut ini.
Neraca Perbandingan PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
AKTIVA:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 24.000
Rp. 12.000
Rp. 18.500
Rp. 18.000

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 6.000
Rp. 12.000
Total aktiva lancar
Rp. 72.000
Rp. 54.000
Mesin
Akumulasi depresiasi
Bangunan dan perlengkapan
Akumulasi depresiasi
Tanah
Total aktiva tetap
Rp. 144.000
Rp. (24.000)
Rp. 18.000
Rp. (12.000)
Rp. 36.000
Rp. 228.000
Rp. 216.000
Rp. (36.000)
Rp. 96.000
Rp. (24.500)
Rp. 72.000
Rp. 324.000
Total aktiva
Rp. 300.000
Rp. 378.000
PASIVA:
Hutang dagang
Hutang wesel
Total hutang lancar
Hutang obligasi 10%
Modal saham
Laba ditahan

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 36.000
Rp. 120.000
Rp. 120.000
Rp. 24.000

Rp. 12.000
Rp. 30.000
Rp. 42.500
Rp. 120.000
Rp. 156.000
Rp. 60.000
Total pasiva
Rp. 300.000
Rp. 378.000

Selama tahun 2011, PT. SEMBADA memperoleh laba setelah pajak sebesar Rp. 60.000 dan dibayarkan sebagai dividen kas sebesar Rp. 24.000.
Dari informasi diatas, buatlah analisis laporan sumber dan penggunaan modal kerja!!
Penyelesaian:
Laporan perubahan modal kerja PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 dan 2011
Keterangan
31-12-2010
31-12-2011
Perubahan
Debet
Kredit
Aktiva lancar:
Kas
Surat-surat berharga
Piutang dagang
Persediaan barang

Rp. 24.050
Rp. 12.000
Rp. 18.500
Rp. 18.000

Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 6.000
Rp. 12.000

-
Rp. 12.000
-
-


-
-


Rp. 12.000
-
Rp. 12.000
Rp. 6.000


-
Rp. 6.000
Jumlah aktiva lancar
Rp. 72.500
Rp. 54.500
Hutang lancar:
Hutang dagang
Hutang wesel

Rp. 12.000
Rp. 24.000

Rp. 12.000
Rp. 30.000
Jumlah hutang lancar
Rp. 36.000
Rp. 42.000
Modal kerja
Bertambahnya modal kerja
Rp. 36.000
Rp. 12.000
Rp. 12.000
Rp. 24.000
Rp. 36.000
-



Rp. 36.000
Rp. 36.000

Laporan sumber dan penggunaan modal kerja PT. SEMBADA
Per 31 desember 2010 s/d 31 desember 2011
Sumber-sumber modal kerja


Rp. 60.000
Rp. 12.000
Rp. 12.000
Rp. 36.000
Rp. 24.000
Penggunaan modal kerja


Rp. 24.000
Rp. 72.000
Rp. 12.000
Rp. 36.000
Sumber modal kerja berasal dari:
Laba operasi
Depresiasi mesin
Depresiasi bangunan
Saham
Modal kerja
Penggunaan modal kerja untuk :
Pembayaran dividen kas
Bangunan
Mesin
Tanah
Jumlah
Rp. 144.000
Jumlah
Rp. 144.000

Dari laporan sumber dan penggunaan modal PT. SEMBADA pada tabel diatas, dapat dianalisis bahwa penggunaan modal kerja adalah uuntuk pembayaran dividen, pembelian mesin, tanah dan bangunan. Adapun sumber dana terbesar berasal dari laba operasi dan bertambahnya saham. Sumber dana juga berasal dari depresiasi mesin dan bangunan serta pengambilan kas perusahaan yang digunakan untuk menutup kekurangan yang terjadi sebesar Rp. 24.000.




BAB III
KESIMPULAN
Aliran dana (cash flow) yang terjadi disuatu perusahaan merupakan aliran keluar masuknya dana (kas) yang ada di perusahaan yang bersangkutan. Dana yang masuk dalam perusahaan merupakan dana yang berasal dari sumber dana perusahaan, baik sumber intern maupun sumber ekstern. Sedangkan dana yang keluar dari perusahaan merupakan penggunaan dana yang digunakan untuk operasi atau kegiatan perusahaan.
Laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan dari tahun ke tahun bisa dimanfaatkan untuk mengetahui aliran dana yakni dimana suatu dana diperoleh dan untuk apa dana tersebut digunakan. Apabila kita membandingkan laporan keuangan dari dua tahun yang berurutan, maka kita akan dapat mendeteksi aliran dana tersebut.
Untuk menyusun laporan sumber dan penggunaan dana, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat laporan perubahan neraca yang disusun dari neraca dua tahun yang berurutan. Laporan ini menggambarkan perubahan dari masing-masing elemen tersebut perlu dilakukan analisis, yakni elemen-elemen mana saja yang memperbesar dana dan elemen-elemen yang memperkecil dana, sehingga akan menggambarkan sumber dan penggunaan dana. Elemen yang memperbesar dana akan menjadi sumber dana dan elemen yang memperkecil dana akan menjadi penggunaan dana.
Analisis aliran dana dibagi menjadi 2 yaitu analisis aliran dana dalam pengertian kas dan analisis aliran dana dalam pengertian modal kerja. Aliran dana dalam pengertian kas merupakan aliran kas masuk (sumber dana) dan aliran kas keluar (penggunaan dana) yang langsung mempengaruhi besarnya kas yang berasal dari laporan neraca dan laporan laba rugi. Analisis sumber dan penggunaan dana dalam pengertian modal kerja merupakan analisis mengenai aliran dana yang memperbesar modal kerja dan memperkecil modal kerja. Dalam analisis sumber dan penggunaan modal kerja, perubahan yang terjadi pada unsur-unsur yang ada pada aktiva lancar (current assets) dan hutang lancar (current liabilities) atau disebut unsur-unsur pada current account tidak mempengaruhi perubahan naik turunnya modal kerja.


















DAFTAR PUSTAKA
Harjito, Agus, dan Martono, Manajemen Keuangan, Edisi ke 2, Ekonisia, Yogyakarta, 2014.
Sutrisno, Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi, Ekonisia, Yogyakarta, 2012.

Syamsuddin, Lukman, Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2007.

Tidak ada komentar: